12 January 2016

Ketika HRD Berkata 7 Hal

Proses seleksi lamaran pekerjaan yang diterima di HRD bisa menjadi sebuah jalan panjang dan melelahkan. Hal ini membutuhkan kesabaran, ketekunan, dan kadang-kadang perlu membaca pikiran pelamar. Dalam satu kesempatan, bisa saja HRD tidak pernah benar-benar membaca surat lamaran anda. Akan menjadi sebuah nilai lebih ketika seorang pelamar memiliki kecenderungan untuk membaca yang tersirat, seperti saat diwawancarai, dimana interviewers tidak selalu mengatakan apa yang mereka maksud. 

Untuk memberikan gambaran jelas maksud dalam kalimat terakhir diatas, berikut adalah 7 contoh yang personil HRD biasanya katakan dan apa yang sebenarnya mereka maksud:

  1. Anda akan cocok dengan baik untuk pekerjaan itu, tapi kami masih melihat kandidat lainnya. Artinya : Ada seseorang yang jauh lebih baik daripada Anda, tetapi jika dia tidak menerima tawaran Anda, Anda di adalah pilihan berikutnya.
  2. Kami akan menyimpan resume Anda pada file untuk kesempatan masa depan. Artinya : Resume Anda akan disimpan dalam database kami dan kami mungkin akan melupakan Anda segera setelah Anda meninggalkan gedung.
  3. Gaji tergantung pada pengalaman. Artinya : Kami sudah memiliki satu set tawaran yang kemungkinan besar tidak akan berubah.
  4. Anda akan mendengar dari kami segera. Artinya : Jika Anda diterima, kami akan menghubungi Anda secepatnya. Tapi jika tidak, kami akan mengirimkan surat penolakan hanya jika ada waktu.
  5. Sejauh ini anda sudah melamar kemana lagi? Artinya : Seberapa tertarikkah anda untuk bekerja di perusahaan kami?
  6. Apakah Anda pernah memiliki masalah dengan atasan Anda? Artinya : Mari kita lihat jika Anda bisa fight dalam sebuah manajemen perusahaan. Apakah anda bisa menceritakan masalah atau konflik yang pernah anda alami di perusahaan sebelumnya, terutama dengan atasan dan rekan kerja anda. (Jika anda bisa terpancing untuk menceritakan keburukan dan masalah yang ada hadapi di perusahaan lama, maka HRD akan menganggap ini nilai minus, karena kedepan bukan tidak mungkin anda akan bisa menjelekkan perusahaan ini juga ketika sudah resign nantinya dan pindah ke perusahaan lainnya lagi). [ baca juga : Alasan utama karyawan resign dari pekerjaannya ]
  7. Saya mengetahui nama anda dari sebuah sumber yang tidak dapat kami sebutkan. Artinya : Saya menemukan rincian Anda secara online / dari internet (misalkan dari situs pencari kerja).

Bukan rahasia lagi bahwa di era digital, HRD sebuah perusahaan dengan mudahnya bisa menggunakan media internet-sosial, tepatnya untuk mencari calon yang layak dengan kriteria kandidat yang sangat bervariasi. Inilah salah satu alasan mengapa anda sangat disarankan untuk mengikuti trend yang sama, yakni membuat resume karir profesional anda secara online agar mudah ditemukan oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga anda.

Pastikan resume ini terus diupdate ketika ada perubahan data, baik yang berhubungan dengan data pribadi maupun data pekerjaan. Mungkin saja mereka akan mendatangi anda dengan penawaran yang jauh lebih baik dari tempat bekerja anda saat ini.

Anda harus selalu meletakkan kaki terbaik Anda ke depan. Tidak peduli berapa kali Anda ditolak, Anda harus terus memoles diri dan melanjutkan pencarian pekerjaan impian Anda. [baca juga : strategi mendapatkan pekerjaan yang diinginkan ]

0 comments:

Post a Comment