01 February 2012

Perusahaan Tanpa Aturan

aLamathuR.com - Ada sebuah perusahaan yang didalamnya tidak pernah ada aturan tentang penetapan besaran gaji, karyawan berhak memutuskan sendiri besarnya gaji yang mereka mau terima (enak banget ya). Tidak pernah ada yang disebut struktur organisasi, sehingga karyawan berhak memutuskan ingin disebut dirinya dengan posisi atau jabatan apapun. Staff, supervisor atau bahkan Direktur sekalipun!. Selain itu, tidak pernah ada aturan yang dinamakan jam kerja, ataupun lamanya kerja, semuanya bebas berjalan tanpa aturan.

Pada akhirnya hanyalah penilaian dari orang lain dan diri sendirilah yang akan menghakimi mereka. Apakah mereka layak mendapatkan fasilitas tersebut dibandingkan dengan hasil yang mereka kerjakan untuk perusahaan.

Itulah dua penggal paragraf yang terdapat pada salah satu chapter buku berjudul Coffee time for Managers karya Leo&Millie yang dirilis tahun 2007 oleh penerbit Prestasi Pustaka. Sebuah tulisan yang (menurut saya) sangat sederhana namun sangat menarik untuk disimak isi pesan yang tersirat dalam cerita tersebut. Bukan semata bercerita dengan objek perusahaannya, karyawannya ataupun

Hakikatnya,
Jikalau semua orang dapat menyadari hakikat diri sendiri mereka sendiri dan pekerjaan maupun hasil yang diciptakan dari pekerjaan mereka itu, maka tidak ada lagi iri-hati atau rasa ketidakadilan dalam memandang pekerjaan orang lain.

Analoginya,
Matahari selalu memberikan sinarnya kepada manusia tanpa mengharapkan manusia memandang balik ke arahnya.

4 comments:

  1. Matahari selalu memberikan sinarnya kepada manusia tanpa mengharapkan manusia memandang balik ke arahnya.
    ---------------------------------
    GW yakin kata-kata ini kalo di ucapin di depan cewek dia bakalan .. jatu dan berdiri lagi dan jatu lagi

    ReplyDelete
  2. kunjungan pertama, blog anda penuh inspirasi, lanjutkan jangan pernah putus asa

    ReplyDelete
  3. Salam kenal, ini kunjungan pertama saya.

    ReplyDelete
  4. salam jumpa... ini kunjunganku yang ke berapa yah ? aku mu komentarin logonya aja... bagus buanget...

    ReplyDelete