02 July 2010

10 Pemain Selecao Ditumbangkan Oranje

aLamathuR.com - Belanda bertemu dengan Brazil dalam babak perempat final World Cup 2010 Afrika Selatan yang digelar di Nelson Mandela Bay Stadium. Dalam pertandingan ini, Belanda tampil dengan kekuatan penuh, sedangkan Brazil tampil minus Elano Blumer yang masih mengalami cedera. Robben, Van Persie dan Kuyt seperti biasanya menghiasi lini depan Belanda untuk berhadapan langsung dengan pertahanan Brazil yang dikoordinir kapten Lucio. Di pihak lawan, Brazil tampil dengan dua tukang gedor yaitu Robinho dan Luis Fabiano. Duet striker ini masih ditopang oleh playmaker Kaka yang bertugas untuk memporakporandakan kerjasama lini belakang Belanda yang diisi oleh Van der Wiel, Heitinga, Ooijer dan Van Bronckhorst.

Jalannya Pertandingan
Brazil tampil sedikit lebih dominan di awal laga. Bahkan pada menit ke-8 tim Samba berhasil mencetak gol, hanya saja wasit menganulirnya karena Daniel Alves dalam sudah lebih dulu terperangkap dalam posisi offside ketika menerima umpan dari Luis Fabiano.  Dua menit berselang, Robinho benar-benar menjadi mimpi buruk bagi Belanda setelah dia mampu memanfaatkan umpan terobosan Felipe Melo ke arah kotak penalti untuk dikonversi menjadi gol, skor 0-1 untuk Brazil! 

Menit ke-26 Juan hampir saja mengandakan keunggulan tim Samba jika saja tendangannya menyambut umpan Dani Alves tidak melambung di atas mistar gawang Stekelenburg. Belanda hanya sesekali mengandalkan serangan balik  dan servis bola mati yang selalu kandas oleh solidnya lini belakang Brazil. Satu menit menjelang jeda babak pertama, Maicon hampir saja membobol gawang Stekelenburg setelah memanfaatkan ruang kosong untuk menembakkan umpan daerah Dani Alves. Tapi sayang sekali, bola tendangannya sedikit melebar disebelah kiri mistar. Babak pertama pun akhirnya ditutup dengan statistik shoot on target 2-3 dan ball possession 48-52 untuk keunggulan tim Samba.

Diawal awal babak kedua, Belanda mulai berinisiatif untuk lebih dahulu mengendalikan permainan dan menciptakan beberapa peluang, walaupun beberapa diantaranya masih dapat diantisipasi barisan belakang tim samba. Baru kemudian dimenit ke-53 Belanda berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 ketika tendangan Sneijder dari sisi  kiri pertahanan Brazil gagal diantisipasi Julio Cesar yang malah bertabrakan dengan Felipe Melo.

Menit ke-68 Belanda berbalik unggul 2-1 setelah tendangan pojok Robben berhasil ditanduk Kuyt dan diteruskan oleh heading akurat Sneijder ke gawang Julio Cesar. Kesialan Brasil ternyata terus berlanjut dimenit ke-73 setelah diusirnya Felipe Melo karena melanggar Robben. Dalam tayangan ulang, Melo juga terlihat dengan sengaja mengijak paha Robben setelah jatuh dilanggar. Mungkin inilah yang menyebabkan wasit Yuichi Nishimura menghadiahi Melo langsung dengan kartu merah.

Menit ke-89 Brazil memproleh peluang melalui tendangan bebas Daniel Alves setelah Lucio dilanggar barisan belakang Belanda, tetapi tendangannya masih membentur badan Van Bronckhorst. Sampai peluit panjang wasit ditiup, kedudukan akhir tidak berubah 2-1. Belanda pun akhirnya lolos ke semifinal!

0 comments:

Post a Comment