29 December 2009

KOLESTEROL, Molekul Lemak Baik Vs Molekul Lemak Jahat

aLamathuR.com - Kolesterol adalah sejenis molekul lemak yang ditemukan dalam aliran darah dan sel tubuh. Kolesterol diproduksi oleh hati dan dibutuhkan untuk proses metabolisme tubuh, seperti membantu proses pembentukan sel baru dan hormon. Namun kelebihan kolesterol dapat mengakibatkan penumpukan lemak dalam darah dan akhirnya menyumbat pembuluh darah. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah disebut hiperkolesterolemia. Akibatnya jantung dan otak akan kekurangan pasokan darah, risiko serangan jantung dan stroke pun muncullah.

JENIS-JENIS KOLESTEROL

  • Low-density lipoproteins (LDL), dikenal sebagai kolesterol jahat. LDL mengandung 75% kolesterol dan hanya sedikit protein. LDL berperan dalam mengalirkan kolesterol ke seluruh tubuh. Kelebihan LDL dapat menyebabkan penumpukan lemak di dinding arteri.
  • High-density lipoproteins (HDL), dikenal sebagai kolesterol baik. HDL mengandung banyak proteindan mengalirkan 20% hingga 30% kolesterol ke seluruh tubuh. HDL berperan untuk membuang kelebihan kolesterol dari sel dan dinding arteri serta membawa kolesterol kembali ke hati untuk dibuang.
  • Tryglicerides, berperan dalam penyimpanan lemak dan berpengaruh dalam pembentukan lipoprotein kaya kolesterol yang menyebabkan kolesterol tinggi serta meningkatkan pembentukan gumpalan darah. (Nakita)
Jika anda merasa informasi ini bermanfaat untuk anda, silahkan untuk memvoting artikel ini dengan mengklik icon Lintasberita.com pada bagian akhir artikel ini...

12 comments:

  1. Wah postingannya bermanfaat benget ne sob mudah mudahan lemak badan kita setabil... keep post

    ReplyDelete
  2. very healthy post....hehehehe

    ReplyDelete
  3. thanks infonya sobat, baru tahu saya...info seperti sangat bermanfaat. semangat n teruskan sob!

    T4 Belajar Blogger

    ReplyDelete
  4. *Info seperti ini sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  5. Wah2.. Mantep deh infonya..

    moga2 aja aku ngga kena kolesterol...


    heheheee....

    ReplyDelete
  6. wadduuuhhh kayak nene ni ngomongin koresterol....

    ReplyDelete
  7. kolesterol dibutuhkan oleh tubuh. namun jika berlebih jadi penyakit bahkan dampaknya menimbulkan to be die

    ReplyDelete
  8. i see...... i still have a lot learn from u!

    ReplyDelete