22 October 2009

Pemimpin Itu...

aLamathuRs.com - Seorang pemimpin mendengarkan dengan pemahaman, selalu ingin mendiskusikan setiap persoalan, dan terbuka dengan ide-ide baru.

Seorang pemimpin menawarkan dukungan dan bantuan, dan membantu kita bangkit ketika kita membutuhkannya.

Seorang pemimpin mengetahui bagaimana untuk menggunakan pendekatan untuk mencari jalan keluar untuk persoaln-persoalan yang sulit. Mereka adalah seorang fasilitator yang baik untuk bekerjasama.

Seorang pemimpin menghindari tindakan supervisi yang terlalu dekat, menghindari menjadi pengatur hal-hal yang terlalu kecil dan tidak tergantung kepada teori-teori yang ada.

Seorang pemimpin tidak takut untuk mendelegasikan wewenangnya dan mereka sanggup mempercayakan penilaian orang lain karena mereka memiliki keyakinan tentang kreatifitas dari orang-orang yang mewakilinya.

Seorang pemimpin berkomunikasi secara terbuka dan hangat, sehingga kita bisa mempercayai apa yang mereka katakan. 

Seorang pemimpin memilih orang-orang terbaik yang bekerja untuk mereka dan secara konstan bersentuhan dengan orang-orang tersebut.

Seorang pemimpin secara konstan bekerja kearah pengembangan kerjasama interorganisasi.

Seorang pemimpin selalu mencari cara untuk meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya dan meningkatkan keuntungan (profit).

Seorang pemimpin mengetahui bagaimana untuk menyusun rencana dan tujuan yang berhubungan dengan orang-orang yang terlibat.

2 comments:

  1. dan tau gakkk...sulit sekali menjadi seorang pemimpin karena kita di tuntut untuk membuat suatu keputusan yg harus menyelamatkan semua kepala :)

    ReplyDelete
  2. bettul sekali.. contoh sederhana, lihatlah dalam lingkup keluarga kita sendiri dengan sosok orang tua, khususnya ayah, sebagai seorang pemimpin (keluarga)...

    ReplyDelete