10 November 2010

Refleksi Peringatan Hari Pahlawan

aLamathuR.com - Selamat pagi rekan blogger semua! Masih ingatkah dengan apa yang bangsa ini selalu peringati disetiap tanggal 10 November yang jatuh tepat pada hari ini? Yup, inilah saatnya bangsa Indonesia memeperingati hari pahlawan. Inilah momen dimana jasa para pahlawan-pahlawan dihargai dan dikenang oleh generasi ini bahkan sampai generasi setelah kita. Bukan superhero, ataupun pahlawan bertopeng pujaan Crayon Sinchan yang sedang kita peringati perjuangannya, melainkan para pahlawan yang telah gugur membela bangsa ini dalam memperjuangkan kemerdekaan dimasa lalu. Sebagai generasi penerus, apakah yang bisa kita pelajari dari setiap peringatan hari besar nasional ini?


Pahlawan. Dalam pemahaman saya, adalah seseorang yang telah berjasa besar dalam memperjuangkan sesuatu hal. Dalam konteks perjuangan kemerdekaan, maka pahlawan adalah seseorang yang berjasa besar dalam memperjuangkan kemerdekaan dari tangan para penjajah negeri ini. Dimasa lalu, mereka telah rela mempertaruhkan jiwa, raga dan pikirannya untuk membebaskan negara ini dari pengaruh bangsa-bangsa penjajah.

Sebagian besar dari kita tentu pernah mengetahui bagaimana gigihnya perjuangan para pahlawan ini melalui materi-materi pelajaran sejarah yang kita terima sewaktu sekolah. Diwaktu SD, tentu kita pernah membaca tentang pejuang-pejuang tangguh negeri ini baik dari jaman sebelum era kebangkitan nasional maupun setelah gerakan modern seperti Boedi Oetomo didirikan pada tahun 1908. 
Tokoh-tokoh pejuang seperti Tuanku Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro, Jenderal Soedirman, Teuku Umar, Cut Nyak Dhien, Pattimura, dll tentu sudah tidak asing lagi dengan telinga kita. Tetapi bagaimana dengan nama-nama seperti Datuk Sinaro Panjang, Motang Rua, Wolter Monginsidi, RM Tirto Adhi Soerjo, Teuku Nyak Arief dll? apakah diantara kita ada yang sudah lupa-lupa ingat dengan nama-nama tersebut? hhmmm....
Terlepas dari sempat munculnya pro-kontra mengenai keakuratan data beberapa peristiwa sejarah yang terjadi di masa lalu, selayaknya hal itu jangan sampai mengurangi kecintaan kita terhadap para pahlawan Indonesia. Jangan sampai segala jerih payah perjuangan mereka dilupakah oleh generasi ini, apalagi generasi yang akan datang. Inilah yang akan menjadi tantangan kita untuk senantiasa bisa menanamkan kecintaan dan penghargaan yang luhur untuk jasa-jasa mereka di masa lalu. Karena bagaimanapun, kemerdekaan yang sedang kita nikmati saat ini, bukankah itu adalah andil besar mereka juga?

Melalui momen peringatan hari pahlawan 10 November tahun ini, marilah kita menggali kembali memori perjuangan para pendahulu kita yang telah banyak berjasa dalam mewujudkan kemerdekaan di tanah air tercinta, Indonesia. Jadikah semangat yang mereka miliki sebagai pemacu kita untuk bisa lebih baik lagi dalam mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang lebih bermanfaat...

Akhir kata, untuk Indonesia saya mengucapkan :

"Selamat memperingati hari pahlawan....!!!"

6 comments:

  1. Dulu pahlawan kita berjuang di medan perang dengan mengorbankan jiwa dan raga, beruntung sekali kita telah menghirup udara bebas, sehingga tak perlu rejuang memanggul sejata lagi , karena medan perang kita saat ini berbeda, yaitu berjuang mengisi kemerdekaan dengan berkarya, mungkin seperti itulah wujud kecintaan dan penghargaan kita terhadap para pahlawan yang telah gugur...

    ReplyDelete
  2. + teh TriZ : tapi da duka kuanon teh, abdi mah asa ngaraos endonesia teh teu acan merdeka wae.. janten kalimat tepatna mah sanes "mari mengisi kemerdekaan" tapi "mari memperjuangkan kemerdekaan dalam bentuk lain"... melalui idealisme, kreativitas dan kemandirian dina sagala bidang.. sanes kitu..???

    ReplyDelete
  3. Nya kitu tiasa oge, margi pada dasarna setiap manusia harus memperjuangkan hidupnya masing2 dengan berkarya, menciptakan kemandirian agar tidak tertindas zaman.. agar menjadi manusia yang merdeka..

    ReplyDelete
  4. + teh TriZ : tah kitu, leres pisan. satuju!! tapi btw, ari tertindas zaman teh jiga kumaha nya??? heheee..

    ReplyDelete
  5. Biarpun telat... selamat hari pahlawan juga... padahal aku kira mau ng'bahas gelar pahlawannya pak harto kang ahha...

    ReplyDelete
  6. + Ferdinand : bahasan gelar buat pak harto mah memang menarik, tapi belom smpt ngumpulin data2 n fakta2nya bro.. hehee..

    ReplyDelete