27 July 2010

Madina.com, Jejaring Sosial Alternatif Khusus Muslim

aLamathuR.com - Blogging siang, seperti biasanya browsing sana-sini mencari inspirasi dan hal-hal baru yang mungkin menarik untuk dibaca. Tak lama kemudian, terdampar di sebuah website jejaring sosial bertitel Madina.com. Dari tampilan awal situs ini memang sepertinya merupakan duplikasi dari jejaring sosial lainnya yang sedang ngetrend saat ini, yaitu Facebook. Dari tampilan menu, sampai beberapa fitur yang ada dalam Facebook diadopsi situs ini. Hanya bedanya, jika Facebook didominasi warna biru, maka Madina.com didominasi dengan warna hijau.

Berangkat dari kepenasaranan tersebut, saya kemudian ikut mendaftar untuk membuat akun pada situs tersebut. Aroma fitur facebook langsung terasa ketika akun yang kita daftarkan dapat langsung terhubung dengan akun lainnya, seperti facebook, google, twitter, Aol dan lainnya, secara opsional tentunya.

Setelah berhasil login dengan akun baru ini, barulah jelas apakah motif dibelakang pembuatan situs jejaring sosial yang satu ini. Sesuai dengan salah satu news yang ada di bagian sidebarnya, yang berbunyi :

Madina.com started by an idea. The was idea to bring together the Muslims of the world together for to work together for the sake of Islam. The idea was combined with passion to contribute, effort to do what it takes, active participation of many Muslims around the world and mostly the mercy and support of Allah, the Creator of the heavens and earth. Madina is less than 6 month old and is not close to perfect. It is work in progress and Inshallah we will launch our Beta 2 version within the coming few weeks. The official launching of Madina will insh'Allah be on the 1st Ramadan 1431.

Intinya, dalam pernyataan tersebut Madina.com menjelaskan bahwa situs jejaring sosial ini diperuntukkan bagi komunitas muslim di seluruh dunia agar dapat bersatu dalam sebuah media jejaring sosial yang bertitel madina.com. Situs ini sendiri masih dalam tahap pengembangan tahap kedua (beta 2), dan menurut rencana baru akan diluncurkan secara resmi pada tanggal 1 Ramadhan 1431H.

Meskipun masih beta version, Madina.com mengklaim sampai dengan hari ini telah memilki pendaftar kurang lebih sebanyak 13.000 member dari seluruh dunia. Jumlah ini masih akan terus berkembang tentunya seiring dengan promosi yang akan terus dilakukan, baik melalui media iklan, milis, situs-situs jejaring sosial sejenis, maupun dari mulut ke mulut sesama user internet diseluruh dunia.

Tetapi ada sedikit pemandangan unik yang saya temui dalam tampilan beta ini. Karena situs ini belum secara resmi dilaunching, maka spot-spot iklan yang tersedia masih didominasi oleh iklan layanan masyarakat, alias bukan iklan komersil. Kedepannya belum diketahui kriteria iklan-iklan seperti apakah yang mungkin boleh dipasang dalam situs ini, mengingat dengan label sebagai 'situs jejaring sosial muslim' maka kriteria iklan yang tampil pun pasti akan sangat selektif dan tidak melanggar norma agama. Kita tunggu saja perkembangannya kedepan... 

7 comments:

  1. info yang sangat menarik...Jejaring sosial sekaligus untuk merekatkan persaudaraan sesama muslim. Mungkin biosa menjadi alternatife dari jejaring yang sudah ada di duania maya ini...!!!

    ReplyDelete
  2. + cHugy-g0g0g: setuju, mudah2an pemanfaatannya bisa optimal dan demi kemajuan ummat..

    ReplyDelete
  3. semoga bisa sepopuler FB/twitter... :D

    ReplyDelete
  4. + Febriyanto: aaminnn.. kita do'akan saja

    ReplyDelete
  5. masih belum dulu nambah jejaring sosial dech, ngeblog aja saya masih senin kemis... +((

    ReplyDelete
  6. + Rudy: ngeBlog senin kamis? bisa sambil puasa tuh... hahaaa..

    ReplyDelete
  7. Keren, daftar ah...
    http://www.blogspot-nisa.blogspot.com

    ReplyDelete