20 April 2010

Fakta Unik Seputar Perhelatan World Cup

aLamathuR.com - Pernahkah terpikir oleh Anda ketika seorang wasit sepakbola lupa melihat arlojinya sehingga lupa dengan waktu pertandingan? Inilah sebagian fakta unik yang ditemukan dalam sejarah perhelatan pesta akbar sepakbola sejagat lima tahunan, yang lebih populer dengan sebutan World Cup. Selain itu, ada hal menarik apa lagi yang layak untuk disimak ?

Setelah mencoba browsing sana-sini, googling dan cari-cari referensi, terungkaplah beberapa fakta menarik yang layak disimak diantaranya sebagai berikut :


Alf Ramsey - Manajer Inggris pada World Cup 1966. Berlari ke tengah lapangan setelah peluit akhir ditiup dan timnya mengalahkan Argentina di babak perempat final. Bukan untuk melakukan selebrasi, melainkan untuk mencegah pemainnya bertukar baju dengan tim lawan. Mr Ramsey berkata : "We don't swap shirt with animals!'' sungguh terlalu...

Laszlo Kiss (Hongaria) adalah satu-satunya pemain pengganti yang mencetak hattrick di Piala Dunia. Hongaria telah unggul 5-1 ketika Kiss mencetak gol pertama dari tiga golnya dalam pertandingan melawan El Salvador yang berakhir dengan kemenangan Hongaria 10-1. Pertandingan ini terjadi dalam Piala Dunia Spanyol tahun 1982!. Ini adalah kemenangan terbesar dalam sejarah perhelatan Piala Dunia.

Jose Batista (Uruguay) diusir keluar lapangan hanya dalam waktu 56 detik setelah peluit kick off babak pertama Vs Skotlandia ditahun 1986. Ini adalah yang tercepat dalam sejarah event Piala Dunia. Pelanggaran kerasnya terhadap Gordon Strachan tidak memberikan pilihan lain bagi wasit asal Perancis Joel Quiniou untuk mengusirnya dari lapangan. Dalam pertandingan tersebut Uruguay mempertahankan skor 0-0 dan melaju ke babak berikutnya.
 


Injury time biasanya ditambahkan oleh wasit hanya jika diperlukan. Tetapi wasit asal Perancis Michael Vautrot menambahkan additional time selama 8 menit pada babak pertama perpanjangan waktu partai semi-final antara Italia Vs Argentina di tahun 1990! Setelah pertandingan berakhir, wasit ini mengatakan bahwa dia lupa melihat jam/ arlojinya... ada-ada saja....
 


Erik Nilsson (swedia) dan Alfred Bickel (Swiss) adalah dua pemain yang telah bertanding dalam Piala Dunia sebelum dan setelah Perang Dunia ke II. Mereka tampil dalam gelaran Piala Dunia tahun 1938 dan 1950 !
 


Piala Dunia mencatat setidaknya ada 5 pemain yang telah tampil membela 2 negara yang berbeda dalam penyelenggaran Piala Dunia. Kelima Pemain ini adalah Jose Altafini (1958 membela Brazil, 1962 membela Italia), Luis Monti (1930 membela Argentina, 1934 membela Italia), Ferenc Puskas (1954 membela Hongaria, 1962 membela Spanyol), Jose Santamaria (1954 mebela Uruguay, 1962 membela Spanyol) serta Robert Prosinecki (1990 membela Yugoslavia, 1998 membela Kroasia). Sejarah ini tak akan mungkin lagi terulang karena sudah diberlakukannya peraturan FIFA yang melarang seorang pemain tampil membela lebih dari satu tim nasional.


Diluar fakta-fakta unik tersebut mungkin masih banyak lagi cerita menarik yang kurang populer karena belum terlalu banyak diekspos media. Apakah Anda mengetahui fakta-fakta unik lainnya ??? 

12 comments:

  1. huwakakaka
    "We don't swap shirt with animals!"

    kurang ajar bgt tuh org

    ReplyDelete
  2. Ada-ada aja kejadian uniknya dalam Piala Dunia...Jadi ga sabar ingin nonton Piala dunia...

    ReplyDelete
  3. weh.. sip sob infonya...dukung siapa nich piala dunia sekarang..???

    ReplyDelete
  4. tambahin dong "INDONESIA NEGARA PERTAMA ASIA YG IKUT PIALA DUNIA" tahun 1938 :D heheheh bangga banget dah

    ReplyDelete
  5. Hahaha,=... keren keren.. tapi aku gak suka bola. T^T wahah.. kalo basket lebih suka.XD

    ReplyDelete
  6. wawaw jd tau byk soal bola nie ^_^

    ReplyDelete
  7. oke2 bagus. .
    visit and follow my blog. . .
    bramablogger.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. go.. semen padang moga jadi tim terkuat amiiinn.........................

    ReplyDelete
  9. Piala Dunia bukan lima tahunan tapi empat tahunan...

    ReplyDelete
  10. Thank you for nice information. Please visit our web:
    Click Here

    ReplyDelete