08 March 2016

Jika Semua Orang Kaya Raya

Apakah pernah terpikirkan bagaimana jika semua orang kaya raya? Bagaimana jika setiap orang dapat merencanakan masa depannya dengan baik dengan menabung? Bagaimana jika setiap orang dapat bertanggungjawab dengan uang mereka dan tidak mencari kepuasan instan diatas segalanya? Bagaimana jika semua orang kaya dapat mengejar hal-hal yang mereka inginkan dalam hidup dan memiliki kebebasan dengan apa yang mereka punya? Bagaimana jika kekayaan adalah hadiah terbaik untuk diri, keluarga, masyarakat dan negara?


Jika gambaran kondisinya seperti diatas, akankah hukum ekonomi bekerja? akankah sistem kapitalisme runtuh dengan sendirinya? Apakah produktivitas berhenti? Akankah ini dapat memperbaiki aspek sosialis dan humanis manusia? Akahkah kita masih akan tetap bekerja jika kita kaya? Jika tidak, akahkah ada orang yang mau tetap mau bekerja dengan kita? Bagaimana jika tidak ada yang mau lagi bekerja? Bisakah robot melakukan semua pekerjaan yang dilakukan manusia? Ketika robot-robot itu rusak, bisakah kita tidak perlu bekerja untuk memperbaikinya?

Siapakah yang akan mempertahankan sistem? Apakah kita pikir peradaban manusia bisa tumbuh dan berkembang jika semua orang menjadi kaya raya? Jika semua orang kaya dan sama sekali tidak ada yang miskin, maka kekayaan hakikatnya menjadi tidak berguna. Jika miskin adalah kondisi yang didefiniskan sebagai "seseorang yang belum bisa memiliki hak-nya", maka tentu setiap orang akan berpikiran lebih baik untuk menjadi kaya. 

Tapi, bagaimana jika semua orang ternyata miskin? Apa yang akan mereka inginkan? Jika mereka semua ingin menjadi kaya, maka mereka akan pergi keluar rumah untuk bekerja keras supaya bisa menjadi kaya. Lebih jauh, secara masif ini akan membuat produktivitas itu nyata. Untuk sebuah bangsa, produktivitas masyarakatnya adalah modal untuk maju.

Pikirkan tentang hal ini......


5 comments:

  1. Ketika semua orang kaya mungkin itulah yang dinamakan Kiamat telah tiba mas, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang itu juga termasuk tanda2 kiamat sudah dekat?
      **hanya tuhan yang tahu..

      Delete
  2. yang jelas harus berimbang sih .. ada kaya ada miskin.. ada ganteng ada jelek dsb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ...dan ada yang benar2 baca artikelnya, ada juga yang tidak..
      **hanya lihat judulnya saja yah... Xxixiiii..

      Delete
  3. yang jelas Tuhan Punya Rencana :D

    ReplyDelete