16 April 2010

Review 10 Maskot World Cup Terunik

aLamathuR.com - Gelaran World Cup 2010 di Afrika Selatan hanya tinggal menghitung hari. Banyak cerita menarik untuk diulas, dari mulai statistik dan data-data pertandingan, seluk beluk kesibukan di Afrika Selatan sebagian host event, sampai dengan hal-hal unik yang belum banyak orang ketahui.

Kali ini kita akan coba review satu persatu maskot yang ditampilkan dalam perhelatan World Cup dari masa ke masa. Beberapa maskot sukses mencuri perhatian dunia sebagai maskot yang yahud, tetapi tidak sedikit yang ternyata diangap sebagai maskot gagal, karena tampilannya dianggap aneh, konyol, tidak jelas dan lain-lain. Berikut ulasan 10 maskot terpilih:


1. Selamat! Maskot ini telah dinobatkan sebagai maskot teraneh untuk event sebesar World Cup! Tidak jelas apa yang dipikirkan oleh sang desainer waktu merancang maskot ini, sehingga jika gambar ini ditempelkan pada botol mungkin akan dikira sebagai produk minuman bernutrisi. Benar-benar aneh...


2. Pernah nonton serial kartun Abbot and Costello di TVRI? mungkin inilah karakter kartun yang seangkatan dengan mereka. Untuk ditampilkan sebagai sebuah maskot event sebesar event World Cup, rasanya terlalu konyol. Perhatikan saja apa yang unik dari maskot ini...
3. Jepang dan Korea sudah dikenal dunia sebagai negara hi-tech, itu sudah tidak diragukan lagi. Saking tingginya teknologi yang mereka miliki, kadang-kadang hal yang irrasional pun dianggap logis untuk diwujudkan secara fisik. Contohnya dalam maskot World Cup yang mereka ciptakan. Tiga Alien yang sebenarnya (maaf) lebih mirip Teletubbies ini dijadikan maskot perhelatan World Cup 2002.

4. NO Comment! seharusnya maskot ini diundang dalam serial Jalan Sesama (Sesame Street versi Indonesia, red). Pasti lucu... Adakah yang tahu filosofinya bunga yang dia bawa?
5. Maskot ini boleh dikatakan AMERIKA banget! Coba saja ANda bandingkan dengan film-film kartun jaman dulu. Sangat kental dengan tipikal kebanyakan karakter-karakter dalam film kartun Hanna Barberra..

6. Maskot ini sebenarnya sangat unik, tapi bagaimana jadinya jika kostumnya digunakan orang? apakah masih tetap mirip dengan bentukan aslinya? pasti akan membutuhkan orang yang ekstra kurus untuk menampilkan maskot ini dalam sebuah kostum orang...

7. Sepintas tak ada yang aneh dengan maskot ini, tetapi dengan nama Willie yang disandangnya, Ratu Elizabeth II pernah berujar "Itu adalah nama terkonyol yang pernah saya dengar". Lalu menurut Ratu sebaiknya maskot ini diberikan nama apa ya?


8. Coba perhatian lebih detail, apakah yang maskot ini pegang di tangan kanannya? apakah ini sebuah sendok butter? atau alat musik tiup? Kenapa bukan sesuatu yang berhubungan dengan sepakbola? misalnya pegang Botol Air Mineral.. (untuk persiapan jika seandainya wasit berlaku curang, timpukin aja hehee.., red)
9. Maskot yang kental dengan aroma Mexico dengan topi sombrero khas dan kumis tebal. Sangat stereotip. Mungkin akan lebih terkenal di Indonesia jika maskot ini namanya bukan Pique, tetapi Jose Armando, seperti figur dalam telenovela.
 

10. Woody Woodpecker akhirnya beralih profesi dari aktor menjadi pemain sepakbola! Dengan sedikit facelift, lihatkan penampilan barunya menjadi lebih modis. Desainer maskot ini pasti maniak dengan karakter Woodpecker...

 





Dari sekian maskot yang direview tersebut, Zakumi (lihat dalam ilustrasi posting ini, red) sebagai Maskot World Cup Afrika Selatan 2010 menempati posisi sebagai maskot paling yahud versi aLamathuR.com! Lihatlah tampilan maskot ini, singa tegap sebagai perwakilan hewan liar khas Afrika tampil gagah dalam balutan warna yang kontras dan eyecatching. Dengan cat rambut warna hijau, mungkin singa ini termasuk singa gaul di negaranya. Salut untuk desainernya deh! TeOPe BeGeTe Dah!!!

Bagaimana dengan Anda, manakah yang menjadi maskot paling konyol dan paling yahud ?




10 comments:

  1. sudah abis saya baca... lucu juga he3x

    ReplyDelete
  2. wah.. unik2 ya maskotnya, bagus2 juga

    ReplyDelete
  3. Saya suka yang el-Sombrero... cukup menarik terutama kumisnya...Peace

    ReplyDelete
  4. mantap nih pengamatannya, hehe

    paling tidak beberapa maskot memakai celana, tidak seperti maskot WC 2006 jerman, haha

    setju dengan beberapa pendapat anda, diantaranya maskot Amerika, benar mirip kartu amerika, juga maskot perancis, mirip woody woodpecker, salut. :)

    ReplyDelete
  5. iya,,,yg paling keren maskot taun ini...

    ReplyDelete
  6. akhirnya... pagenya kebuka juga T^T

    btw, maskot yg paling aneh menuru mia yg maskot bola tapi kyk maskotnya minuman Nut** Sa** (tau kan hihihihihi) trus sama maskot buatan Korea dan Jepang, naudzzubillah... kok ga kreatif gitu (apa krn saking kreatifnya ya hahahaha)

    ReplyDelete
  7. wah mantap om ulasannya.. saya juga paling demennya sama zakumi.. ^^

    ReplyDelete
  8. bos maskotnya ada yg ga pake celana,gak? kayaknya kalo singa pake celana jd gmn gtu...

    ReplyDelete
  9. Maskotnya oke-okeh bangat sob...tp aq lebih suka maskotnya GAuchio dr tim pavorite ku Argentina semoga dapat juara di Piala dunia nanti.

    ReplyDelete
  10. Maskotnya oke2 banget gan...kalo boleh aku memilih,pastinya maskot tim pavoriteku Argentina semoga dapat juara! btw...ijin simpan maskotnya yah?

    ReplyDelete