07 December 2009

6 Pola Dasar Karakter Manusia

aLamathuR.com - Disadari atau tidak pola dasar karakter manusia dapat dikelompokkan menjadi 6 tipe? Carol S. Pearson dalam bukunya The Hero Within : Six Archetypes We Live By, membaginya dalam kelompok sebagai berikut:


  1. Orphan. Karakter seperti ini punya misi utama untuk tetap survive dan betah bertahan dalam kesulitan-kesulitan hidup. Moto hidupnya "LIFE IS SUFFERING" alias "HIDUP ADALAH PENDERITAAN".
  2. Wanderer. Karakter seperti ini punya misi utama untuk menemukan jatidirinya dalam komunitasnya. Motto hidupnya "LIFE IS ADVENTURE" alias "HIDUP ADALAH PETUALANGAN".
  3. Warrior. Karakter seperti ini punya misi utama untuk menunjukkan pembuktian kepada lingkungannya bahwa dirinya bernilai atau sangat berharga. Motto hidupnya "LIFE IS BATTLE" alias "HIDUP ADALAH PERTEMPURAN".
  4. Altruist. Karakter seperti ini punya misi utama mengabdikan diri untuk lingkungannya dengan kemurahan hati yang dia miliki. Motto hidupnya "COMMITMENT TO THE GREATER GOOD" alias "BERKOMITMEN UNTUK SELALU MEJADIKAN SESUATU LEBIH BAIK".
  5. Innocent. Karakter seperti ini punya misi utama untuk meraih kebahagiaan. Motto hidupnya "LIFE IS JOY" alias "HIDUP ADALAH KEGEMBIRAAN".
  6. Magician. Karakter seperti ini punya misi utama untuk menjadikan hidupnya berubah secara sistematis. Motto hidupnya "CREATING THE WORLD I WANT" alias "MENCIPTAKAN DUNIA YANG SAYA INGINKAN".

Termasuk dalam kategori manakah diri anda? dan berikan alasannya dalam kolom komentar posting artikel ini....

Jika anda merasa informasi ini bermanfaat untuk anda, silahkan untuk memvoting artikel ini dengan mengklik icon Lintasberita.com pada bagian akhir artikel ini...

7 comments:

  1. Infonya manteppp sobat.... memang setiapp karakterr berbeda beda... walaupunn itu satu keluarga sob... siepp

    ReplyDelete
  2. ada award untuk anda
    guna persahabatan
    terima kasih

    ReplyDelete
  3. wanderer....
    kyaknya itu sesuai deh...
    so nice artiqqell...
    gimana dengan yang nulis karakternya kyaknya..hhmm..warrior deh..?!?..
    @mangmelan BLOG ; wah slamet y..

    ReplyDelete
  4. wah.. bagus sekali ni..
    aku ya masuk kayak mana neh?

    ReplyDelete
  5. Berarti saya tergolong Innocent sob, thank for ur info

    ReplyDelete
  6. saya masuk yg mana ya? :D
    makasih bos infonya.. nambah referensi buat renungan nih hehe

    ReplyDelete